Perbedaan Spesifik Antara Teknik Mesin dengan Teknik Otomotif

 Anggapan masyarakat umum tentang teknik mesin dengan teknik itu sama masih terjadi sampai sekarang. Ketidaktahuan menj

adi alasan utama orang belum dapat memahami perbedaaanya. Padahal secara disiplin ilmu saja sudah berbeda, masa iya dipaksain sama. Kali ini Anak Teknik Indo akan membahas perbedaan antara teknik mesin dengan teknik otomotif dengan harapan masyarakat nggak gagal paham.

1. Definisi

Teknik mesin dengan teknik otomotif memiliki definisi yang berbeda. Definisi teknik mesin adalah cabang teknik yang melibatkan perancangan, konstruksi dan pengoperasian mesin. Sedangkan teknik otomotif, secara spesifik berurusan dengan rancangan dan konstruksi mobil. Teknik otomotif merupakan cabang dari teknik kendaraan.

2. Gelar Studi

Gelar studi yang didapatkan juga berbeda antara mesin dengan otomotif. Jika memilih teknik mesin maka kamu akan mempelajari interaksi fisik pada hubungan material dan karakteristiknya. Mata kuliah inti teknik mesin adalah : statika, padatan, termodinamika, kinematika, ilmu material, fisika dan analisis struktural. Teknik mesin memberikan yang sangat rinci tentang perkuliahan dan penerapan dasar di bidang teknik. Inilah yang membuat teknik mesin masih banyak peminatnya dari semua perguruan tinggi yang memiliki falkutas teknik.

Sedangkan teknik otomotif mengajarkan konsep perancangan dan desain khusus bidang otomotif. Ketika mengambil studi otomotif maka topik pembahasannya adalah powertrain dan desain sasis, komponen elektronik, aerodinamis dan komponen keselamatan. Jarang perguruan tinggi memiliki teknik otomotif untuk jenjang S1, kebanyakan justru memiliki jenjang S2.

3. Prospek Karier

Bicara prospek karier, teknik mesin lebih luas daripada otomotif. Secara umum, prospek teknik mesin terbagi dua yaitu : manufacturing serta energi dan utilitas. Manufacturing masuk pada bidang transportasi, kereta api, energi dan telekomunikasi. Untuk energi dan utilitas masuk bidang pengeboran, konstruksi, peralatan penyelaman, transportasi energi, pengencer bensin atau kilang.

Prospek teknik otomotif lebih kepada bidang teknisi otomotif, perancangan safety, penelitian gas emisi, perancangan NVH ( Noise, Vibration and Harshness), performance engineer, pengendali dinamika kendaraan, perancang dan Operations Research.

Kira-kira itulah perbedaan mendasar tentang teknik mesin dengan teknik otomotif. Semoga dengan ini masyarakat paham bahwa teknik mesin tidak sama dengan teknik otomotif.

Source : https://www.anakteknik.co.id/a/Ishsagita/Perbedaan-Spesifik-Antara-Teknik-Mesin-dengan-Teknik-Otomotif

Komentar

Postingan Populer