MENGENAL JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO



Tidak lama lagi Ujian Nasional tingkat SMP akan segera diselenggarakan dan mulai sekarang adalah waktu yang tepat untuk teman-teman khususnya kelas 9 memikirkan langkah selanjutnya setelah lulus nanti. Sudah pasti banyak dari kalian yang ingin masuk SMK utamanya yang memiliki prioritas kerja. Akan tetapi, mungkin tidak sedikit juga dari kalian yang bingung mau ambil jurusan apa nanti? Nah jurusan Teknik Audio Video ini bisa menjadi salah satu opsi untuk kalian? Nah terus seperti apa sih yang akan dipelajari di jurusan TAV?

Mungkin banyak dari kalian yang mengira jika jurusan Teknik Audio Video itu praktiknya  akan banyak memegang alat seperti camera dan melakukan proses pembuatan film atau sejenisnya. Intinya banyak yang mengira kalau jurusan TAV itu pelajarannya yang sebenarnnya ada pada jurusan Multimedia. Aku juga dulu berpikir seperti itu, dan itulah alasan aku dan beberapa dari temanku mengambil jurusan TAV, tapi pada kenyatannya tidak seperti itu, teman-teman.

Jadi teman-teman, dalam jurusan Teknik Audio Video ini lebih mempelajari perangkat Elektronika utamanya yang berhubungan dengan suara (audio) dan visual (video) seperti TV dan Radio. Itulah kenapa banyak juga yang menyebut TAV dengan sebutan Teknik Elektronika, karena memang TAV mengulas itu. Jadi di dalamnya kita mempelajari mulai dari komponen-komponen yang ada di dalam elektronika sampai kita membuat rangkaian dengan komponennya. Jadi kita akan sering menggunakan peralatan seperti solder, multimeter, PCB, dan lainnya.

Setelah itu, kita mulai mempelajari TV dan radio yang pada dasarnya berhubungan dengan audio dan video. Kita akan mengetahui mulai dari bagaimana bisa terbentuk gambar pada televisi sampai bisa melakukan service pada televisi. Kebanyakan sekolah sepertinya masih mempelajari lebih banyak TV tabung daripada LCD ataupun LED walau TV tabung sudah tidak diproduksi lagi.

Dalam TAV, sebenarnya laptop sangat dibutuhkan sebagai media pendukung dalam pembelaaran. 
Pasalnya, kita akan menggunakan software dalam pembuatan rangkaian. Untuk sekolahku sendiri juga diajarkan Teknik Pemrograman, tidak tahu dengan jurusan TAV di sekolah lain. Kita diajarkan tentang Bahasa Pemrograman Visual Basic dimana kita akan menggunakan bilangan biner untuk membuat program seperti lampu lalu lintas atau kasir.

Sebagai anak TAV, teman-temanku sering salah arti tentang jurusanku. Ada temanku yang memintaku untuk membuatkan logo dengan Corel Draw, dan dia bilang “masa anak TAV gitu doang gak bisa sih?”. Ya kalau kita tahu lebih tentang laptop atau PC mereka memaklumi karena kita anak TAV. Padahal itu tidak dipelajari dalam TAV. Sama halnya kalau ada orang tanya masalah hp ke anak IT, semacam itulah. Ya, mungkin itu sedikit informasi tentang TAV, bagaimana? Masih berminat dengan TAV?

Komentar

Postingan Populer